Senin, 10 Oktober 2011

RPP FKIP matematika SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :  SMP Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas/Semester            :  VII/II

Standar Kompetensi : Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar  : 4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.
Indikator :
1.    Menentukan dan menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn;
2.    Menentukan dan menyajikan gabungan dua himpunan dengan diagram venn.
Alokasi Waktu           :  1 x 25 menit

A.  Tujuan Pembelajaran  :
1. Siswa dapat menentukan dan menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn;
2. Siswa dapat menentukan dan menyajikan gabungan dua himpunan dengan diagram venn.

B.  Materi Pembelajaran
Irisan dan Gabungan Dua Himpunan

C.  Strategi Pembelajaran    
·      Metode Pembelajaran                :  Ekspositori, diskusi kelompok
·      Pendekatan pembelajaran          :  Problem Posing
·      Model pembelajaran                  :  Kooperatif Tipe NHT

D.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
1.   Kegiatan Pendahuluan
v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
v Siswa dibagi dalam beberapa kelompok , setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor yang berbeda tetapi memiliki kode yang sama dengan kelompok yang lain.
v Tanya jawab tentang himpunan bagian.
v Guru memanggil salah satu nomor siswa ke depan, guru menanyakan himpunan nama siswa di kelas dan himpunan nama siswa yang huruf awalnya (I), misalkan kedua himpunan itu berturut-turut adalah A dan B, dan dituliskan di papan tulis dengan menggunakan diagram venn. 
v Tanya jawab tentang hubungan antara himpunan A dan himpunan B
± 7 menit
2.    Kegiatan Inti
v Guru memberi penjelasan bahwa yang mereka pelajari hari ini adalah irisan dan gabungan dua himpunan
v Siswa diminta untuk membuat dua buah himpunan. Tentukan irisan dan gabungan dari dua himpunan tersebut
v Guru memanggil salah satu nomor untuk memajang hasil karyanya, kemudian siswa dengan nomor yang sama memberikan tanggapan atau menunjukkan hasil karyanya.
v Guru membagikan LKS tentang irisan dan gabungan dua himpunan, untuk dikerjakan bersama dalam kelompoknya.
v Guru memanggil salah satu nomor siswa ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, dan siswa dengan nomor yang sama memberi tanggapan
± 13 menit
3.    Kegiatan Penutup
v Siswa dibimbing untuk membuat kesimpulan tentang irisan dan gabungan dua himpunan
v Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas untuk dikerjakan secara individu
v Guru memberi penghargaan kepada kelompok
±5 menit

E.  Sumber belajar
a.    Sumber belajar   :
·      Buku Contextual Teaching and Learning MATEMATIKA untuk Smp Kelas VII semester II
Karangan : R Sulaiman, dkk
Penerbit   : Pusat pembukuan departemen pendidikan nasional
·      Buku Matematika SMP Kelas VII semester II, dan referensi yang relevan lainnya.

F.   Penilaian
·       Metode                         :  Tugas individu, tugas kelompok, ulangan
·      Bentuk instrument         :  Soal PG, soal uraian
·      Contoh instrument         :
1.    Jika P = himpunan bilangan genap antara 1 dan 10
            Q = himpunan prima antara 1 dan 20
     Tentukan irisan dan gabungan dari P dan Q!
2.    Diketahui A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}, Buatlah soal dan jawaban dari himpunan A dan himpunan B yang diketahui!
3.    Ibu membeli kue di pasar. Sesampai di rumah, ibu membagi kue tersebut ke dalam dua piring, piring A dan piring B. Piring A berisi risol, bakwan, dan tahu isi. Piring B berisi bakwan, tempe goreng, mi soa. Jika isi piring A dan piring B digabungkan, sebutkanlah himpunannya!










Mengetahui:                                                    Banda Aceh,    Maret 2011
Dosen Pembimbing                                         Penyusun:
                                                             Guru Mata Pelajaran


                                                                                Yulfikar
NIP:                                                                NIM: 0806103020003               




                    
Jawaban Contoh Instrument

1.    Jika P = himpunan bilangan genap antara 1 dan 10
 Q = himpunan prima antara 1 dan 20
Tentukan irisan dan gabungan dari P dan Q!
Jawab :
Diketahui : P = { 2, 4, 6, 8}
Q = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19}
Ditanya : PQ = .............................?
PQ = ..............................?
Penyelesaian :
PQ = {2}
PQ = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 11, 13, 17, 19}

2.    Diketahui A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}. Buatlah soal dan jawaban dari himpunan A dan himpunan B yang diketahui!
Jawab :
Jika A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}apakah himpunan (AB)  B ?
Penyelesaian:
AB = { 2, 3, 5} dan A = {2, 3,  5}, A  B maka (AB)  B

3.    Ibu membeli kue di pasar. Sesampai di rumah, ibu membagi kue tersebut ke dalam dua piring, piring A dan piring B. Piring A berisi risol, bakwan, dan tahu isi. Piring B berisi bakwan, tempe goreng, mi soa. Jika isi piring A dan piring B digabungkan, sebutkanlah himpunannya!
Jawab :
Diketahui : A= {RISOL, bakwan, tahu isi}
B = { bakwan, tempe goreng, mi soa}
Ditanya : AB = .......................................?
Penyelesaian :
AB = { risol, bakwan, tahu isi, tempe goreng, mi soa}




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Materi Pokok          :             Himpunan
Mata Pelajaran       :              Matematika
Kelas/Semester       :              VII/ II
Alokasi Waktu        :              10 menit
Kompetensi Dasar :               4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.
Petunjuk                :              1. Pelajarilah lembar LKS dengan seksama, kemudian diskusikan bersama teman satu kelompok.
                                               2.  jawablah dan isilah titik-titik pada soal di bawah ini!
Soal:
1.    Tuliskan dua buah himpunan. Tentukan irisan dari dua himpunan tersebut!
Jawab : .................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Buatlah soal dari diagram berikut dan carilah penyelesaiannya!
 






Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Buatlah soal tentang irisan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian tukarkan dengan kelompok lain untuk menyelesaiakan soal tersebut
Jawab: ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar