RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 5 Banda Aceh
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Aljabar
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.
Indikator :
1. Menentukan dan menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn;
2. Menentukan dan menyajikan gabungan dua himpunan dengan diagram venn.
Alokasi Waktu : 1 x 25 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan dan menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn;
2. Siswa dapat menentukan dan menyajikan gabungan dua himpunan dengan diagram venn.
B. Materi Pembelajaran
Irisan dan Gabungan Dua Himpunan
C. Strategi Pembelajaran
· Metode Pembelajaran : Ekspositori, diskusi kelompok
· Pendekatan pembelajaran : Problem Posing
· Model pembelajaran : Kooperatif Tipe NHT
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu |
1. Kegiatan Pendahuluan v Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. v Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran v Siswa dibagi dalam beberapa kelompok , setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor yang berbeda tetapi memiliki kode yang sama dengan kelompok yang lain. v Tanya jawab tentang himpunan bagian. v Guru memanggil salah satu nomor siswa ke depan, guru menanyakan himpunan nama siswa di kelas dan himpunan nama siswa yang huruf awalnya (I), misalkan kedua himpunan itu berturut-turut adalah A dan B, dan dituliskan di papan tulis dengan menggunakan diagram venn. v Tanya jawab tentang hubungan antara himpunan A dan himpunan B | ± 7 menit |
2. Kegiatan Inti v Guru memberi penjelasan bahwa yang mereka pelajari hari ini adalah irisan dan gabungan dua himpunan v Siswa diminta untuk membuat dua buah himpunan. Tentukan irisan dan gabungan dari dua himpunan tersebut v Guru memanggil salah satu nomor untuk memajang hasil karyanya, kemudian siswa dengan nomor yang sama memberikan tanggapan atau menunjukkan hasil karyanya. v Guru membagikan LKS tentang irisan dan gabungan dua himpunan, untuk dikerjakan bersama dalam kelompoknya. v Guru memanggil salah satu nomor siswa ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, dan siswa dengan nomor yang sama memberi tanggapan | ± 13 menit |
3. Kegiatan Penutup v Siswa dibimbing untuk membuat kesimpulan tentang irisan dan gabungan dua himpunan v Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas untuk dikerjakan secara individu v Guru memberi penghargaan kepada kelompok | ±5 menit |
E. Sumber belajar
a. Sumber belajar :
· Buku Contextual Teaching and Learning MATEMATIKA untuk Smp Kelas VII semester II
Karangan : R Sulaiman, dkk
Penerbit : Pusat pembukuan departemen pendidikan nasional
· Buku Matematika SMP Kelas VII semester II, dan referensi yang relevan lainnya.
F. Penilaian
· Metode : Tugas individu, tugas kelompok, ulangan
· Bentuk instrument : Soal PG, soal uraian
· Contoh instrument :
1. Jika P = himpunan bilangan genap antara 1 dan 10
Q = himpunan prima antara 1 dan 20
Tentukan irisan dan gabungan dari P dan Q!
2. Diketahui A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}, Buatlah soal dan jawaban dari himpunan A dan himpunan B yang diketahui!
3. Ibu membeli kue di pasar. Sesampai di rumah, ibu membagi kue tersebut ke dalam dua piring, piring A dan piring B. Piring A berisi risol, bakwan, dan tahu isi. Piring B berisi bakwan, tempe goreng, mi soa. Jika isi piring A dan piring B digabungkan, sebutkanlah himpunannya!
Mengetahui: Banda Aceh, Maret 2011
Dosen Pembimbing Penyusun:
Guru Mata Pelajaran
Yulfikar
NIP: NIM: 0806103020003
Jawaban Contoh Instrument
1. Jika P = himpunan bilangan genap antara 1 dan 10
Q = himpunan prima antara 1 dan 20
Tentukan irisan dan gabungan dari P dan Q!
Jawab :
Diketahui : P = { 2, 4, 6, 8}
Q = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19}
Ditanya : PQ = .............................?
PQ = ..............................?
Penyelesaian :
PQ = {2}
PQ = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 11, 13, 17, 19}
2. Diketahui A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}. Buatlah soal dan jawaban dari himpunan A dan himpunan B yang diketahui!
Jawab :
Jika A = {2, 3, 5} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,10}apakah himpunan (AB) B ?
Penyelesaian:
AB = { 2, 3, 5} dan A = {2, 3, 5}, A B maka (AB) B
3. Ibu membeli kue di pasar. Sesampai di rumah, ibu membagi kue tersebut ke dalam dua piring, piring A dan piring B. Piring A berisi risol, bakwan, dan tahu isi. Piring B berisi bakwan, tempe goreng, mi soa. Jika isi piring A dan piring B digabungkan, sebutkanlah himpunannya!
Jawab :
Diketahui : A= {RISOL, bakwan, tahu isi}
B = { bakwan, tempe goreng, mi soa}
Ditanya : AB = .......................................?
Penyelesaian :
AB = { risol, bakwan, tahu isi, tempe goreng, mi soa}
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Materi Pokok : Himpunan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/ II
Alokasi Waktu : 10 menit
Kompetensi Dasar : 4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.
Petunjuk : 1. Pelajarilah lembar LKS dengan seksama, kemudian diskusikan bersama teman satu kelompok.
2. jawablah dan isilah titik-titik pada soal di bawah ini!
Soal:
1. Tuliskan dua buah himpunan. Tentukan irisan dari dua himpunan tersebut!
Jawab : .................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Buatlah soal dari diagram berikut dan carilah penyelesaiannya!
Jawab : ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Buatlah soal tentang irisan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian tukarkan dengan kelompok lain untuk menyelesaiakan soal tersebut
Jawab: ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar